Skip to content

PERBANDINGAN KUSEN KAYU NANGKA DENGAN KUSEN ALUMINIUM

Kusen aluminium berlahan mulai menggantikan dominasi kusen dari bahan kayu, mungkin karena kelangkaan kayu, mungkin juga karena ketersediakan barang dari pabrik yang bisa diproduksi massal, sehingga kusen jendela aluminium bisa didapat dengan mudah, tanpa harus menebang kayu dan mengerjakan tukang untuk membuatnya.

Kusen kayu nangka sangat bagus kwalitasnya, bahkan kayu nangka tergolong kayu dengan warna yang indah, warnanya kekuning-kuningan dan mempunyai serat yang lembut. Kalau dibuat untuk bahan bangunan, kayu nangka termasuk golongan kayu dengan kwalitas sangat baik, banyak sekali orang mencari kayu nangka untuk bahan bangunan.

Tapi memang lumayan sulit untuk mencarinya, karena nangka sendiri adalah pohon yang buahnya sangat disukai masyarakat dan harganya juga tergolong mahal. Para penanam  pohon nangka jelas tidak gampang menebang pohonnya jika masih berbuah dengan baik, kecuali kalau pohonnya sudah besar dan mungkin mati karena alam.

Untuk mencari kayu dari pohon nangka, biasanya para penebang kayu mencari di hutan, dan kayu yang tumbuh alami di hutan bisa berumur sangat tua dengan kwalitas kayu yang bagus.

Mari kita bandingkan kusen dari bahan aluminium dan kusen dari bahan kayu nangka.

  1. Harga kusen.
    • Kusen aluminium mempunyai harga satuan yang stabil, jika mengambil bahan yang banyak, maka harganya bisa sedikit lebih murah.
    • Kusen kayu nangka mempunyai harga yang kurang stabil, tergantung ketersediaan bahan dan jumlah permintaan, kadang jika permintaan sangat banyak, harganya bisa lebih mahal karena kelangkaan barang.
  2. Keindahan kusen.
    • Kusen aluminium jika kita boleh memesan dari pabriknya sesuai dengan permintaan kita, partinya keindahannya juga bisa kita sesuaikan, tapi secara normal kusen aluminium keluaran pabrik standarnya polos tanpa ukiran yang bisa membuatnya menjadi indah.
    • Kusen kayu nangka jika diukir dengan benar dan teliti, bisa menjadi sangat indah, apalagi jika dikasih pewarna kayu yang bagus. Tapi butuh waktu juga dan butuh tukang yang mempunyai teterapilan untuk melakukan itu.
  3. Ketangguhan kusen.
    • Kusen aluminium mempunyai ketangguhan dan tahan pukul, bahan aluminium anti api, anti air, dan anti benda tajam. Dan tentunya tahan lama.
    • Kusen kayu nangka memang cukup keras, tapi kalau dibandingkan dengan aluminium masih kalah tangguh, masih bisa lapuk kena air, bisa dimakan rayap, dan bisa terbakar jika kena api. Untuk mengakali itu, jauhkan kusen kayu nangka dari air, dari api dan bisa direndam dulu dengan campuran bahan anti rayap sebelum dibentuk menjadi kusen.

Diatas adalah sekilas tentang perbandingan khusus antara kusen kayu nangka dengan kusen dari bahan aluminium.